pd awalnya blog ini dibuat utk mencoba hal2 baru yg ditemukan dlm mengembangkan tampilan blog utama penulis...seiring waktu blog ini akan terisi dg pengalaman penulis dlm mengarungi dunia maya

woro-woro

under construction

Sabtu, 08 Maret 2008

blog melawan situs pertemanan

Sebelumnya saya bingung artikel ini mau diberi judul apa, tapi akhirnya ya kata-kata tersebut yang muncul di kepala saya. Artikel kali ini untuk menjawab komentar dari Mas Arif.. terima kasih Mas, gara-gara komentarnya Mas Arif saya jadi punya bahan untuk minggu ini.

"Friendster memang banyak fitur, tapi kalo dibanding multiply atau tagged kira2 bagus mana ya..?"

Sebenarnya saya tidak berkompeten dalam menjawab pertanyaan tersebut tapi bolehlah kiranya saya urun pendapat dalam hal tersebut. Saya tidak mempunyai account baik di Multiply maupun di Tagged jadi saya tidak tahu persis fitur yang ditawarkan.

Kalau dilihat secara sekilas dari segi praktisnya Multiply lebih mirip aplikasi blog seperti blogger atau wordpress . Dengan begitu di sini Anda dituntut (setidaknya) untuk menulis sesuatu karena sajian utama apliksi ini adalah tulisan atau artikel dan Anda harus memperbaharui artikelnya secara rutin kalau Anda mau punya pembaca setia.. dengan begitu Anda bisa memperluas jaringan teman Anda.

Lain lagi halnya dengan Tagged (baru tahu saya yang namanya Tagged..he3x..). Aplikasi ini lebih mirip situs pertemanan seperti Friendster. Yang Anda butuhkan di sini hanyalah foto Anda yang paling memukau dan gambaran pribadi Anda yang menarik secara singkat. Kalau saya perhatikan salah satu kelebihan Tagged adalah adanya indikator "online" sehingga kita bisa tahu mana saja orang yang sedang online.. hal lain yang menarik perhatian saya adalah fasilitas chat, tetapi saya tidak bisa berbicara banyak tentang hal ini karena untuk menggunakan fitur tersebut kita harus sign jadi anggota dulu, silahkan saja Anda coba sendiri..

Nah.. kalau ditanya kira-kira bagusan mana, jawaban saya relatif...kalau Anda seseorang yang suka menulis dan ingin dikenal karena tulisan atau buah pikiran Anda Anda maka Multiply lebih representatif tetapi kalau Anda tipe orang yang suka berteman hanya berdasarkan foto dan data pribadi secara singkat maka Tagged lebih cocok untuk Anda.

Saya rasa tidak ada salahnya jika Anda punya lebih dari satu account baik di blog maupun di situs pertemanan yang berbeda karena itu akan lebih mempercepat perluasan jaringan teman Anda..tetapi mungkin Anda akan kerepotan untuk sign in ke berbagai macam account yang Anda punya, tetapi kembali lagi kalau Anda memang suka Online untuk mencari dan menambah teman saya rasa itu tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Dan untuk menambah bingung Anda..he3x.., mungkin Anda bisa melihat beberapa penyedia layanan blog dan situs pertemanan yang saya tahu berikut ini :
- blog : blogger, wordpress, windows live space, live journal, weblog.com, blog.com, typo, type pad,
- situs pertemanan : indo-friendster.com, bergaul.com, yuwie.com

1 komentar:

andriyudatama mengatakan...

mungkin anda bisa mencoba www.digli.com sebagai referensi situs pertemanan milik indonesia

Powered By Blogger
mau tukar link banner.. salin dan tempel kode ini ke blog anda
e-adhie e-adhie

yuk..da..da..bye..bye..!

Saya cm menulis apa yg saya alami di dunia maya & sekedar berbagi, mgkn sesuatu yg ga penting ini malah penting buat orang lain, namanya juga orang goblog ngomong soal IT.. jadi kl ada kesalahan ya maklum aja..;)